JAKARTA, 27 Oktober 2023 – Jejaring bioskop terbesar di Indonesia, PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (Cinema XXI) konsisten membukukan kinerja solid hingga akhir September 2023 dengan pendapatan sebesar Rp3,8 triliun atau meningkat sebesar 15,5% YoY dengan EBITDA sebesar Rp1,1 triliun dan laba bersih sebesar Rp420 miliar. Pendapatan tersebut berasal dari pendapatan tiket bioskop yang berkontribusi hingga 60,0% dari keseluruhan pendapatan, diikuti oleh pendapatan dari lini usaha produk makanan dan minuman sebesar 35,7%, iklan sebesar 1,7%, dan digital platform sebesar 2,1%.
“Pendapatan tiket bioskop yang mendominasi pendapatan perseroan ditopang oleh jumlah penonton yang mengalami kenaikan sebesar 15,9% dari 51,0 juta penonton pada periode Sembilan bulan yang berakhir 30 September 2022 menjadi 59,1 juta penonton pada periode yang sama di tahun 2023. Jika melihat lebih detail, jumlah penonton Cinema XXI sebesar 22,3 juta penonton pada Kuartal III 2023, meningkat dari 20,8 juta penonton pada Kuartal III 2022. Kenaikan ini menghasilkan Gross Box Office (GBO) senilai Rp2,5 triliun hingga September tahun ini.” jelas Hans Gunadi, Direktur Utama Cinema XXI.
Hans juga mengatakan bahwa Cinema XXI berkomitmen untuk selalu memberikan pengalaman dan kenyamanan menonton film dengan kualitas terbaik, tanpa kompromi dan harga terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Komitmen dan konsitensi tersebut berbuah manis dengan meningkatnya jumlah penonton yang memilih Cinema XXI untuk menikmati film-film favoritnya. Cinema XXI akan terus menghadirkan fasilitas terbaik di kelasnya, film-film berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri serta rangkaian makanan dan minuman berkualitas untuk semakin melengkapi kenyamanan menonton film di Cinema XXI.
Sementara itu, Arif Suherman, Direktur Cinema XXI menambahkan, “Peningkatan jumlah penonton juga tercermin dari pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman yang tumbuh 30,1% pada periode Sembilan bulan yang berakhir di 30 September 2023 menjadi Rp1,36 triliun dari Rp1,05 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini juga terefleksi dari peningkatan pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman dibandingkan pendapatan GBO dari 50,0% pada periode Sembilan bulan yang berakhir di 30 September 2022 menjadi 58,9% pada periode yang sama tahun ini.”
Untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada seluruh pecinta film di Indonesia, Cinema XXI secara konsisten melakukan ekspansi untuk kedua lini bisnis utama, yakni bioskop dan produk makanan dan minuman. Dari sisi bioskop, Cinema XXI membuka lokasi bioskop baru untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menonton film-film favorit mereka. Hingga 30 September 2023, Cinema XXI telah membuka 10 lokasi baru dengan tambahan 45 layar.
Kehadiran lokasi bioskop yang semakin banyak akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan industri film nasional. Hingga 23 Oktober 2023, berdasarkan data filmindonesia.or.id, dua belas film nasional telah ditonton lebih dari 1 juta penonton, diantaranya:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari sisi lini usaha produk makanan dan minuman, Cinema XXI menghadirkan inovasi jajanan berkualitas untuk melengkapi kenyamanan saat menonton film. Setelah sebelumnya memiliki varian manis untuk produk croffle, di Kuartal III 2023 ini, Cinema XXI melengkapi produk croffle dengan varian bercitarasa gurih atau savory, yakni Truffle Mushroom Croffle dan Egg 'n Cheese Croffle yang turut dihadirkan untuk semakin meningkatkan pengalaman menonton film terbaik bersama sahabat dan orang-orang terkasih.
Tentang Cinema XXI
Cinema XXI berada di bawah naungan PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk, merupakan kelompok bioskop terbesar di Indonesia dengan pengalaman 35 tahun di industri pertunjukan film. Cinema XXI berkomitmen untuk senantiasa memberikan pengalaman dan kenyamanan menonton dengan kualitas terbaik untuk masyarakat Indonesia. Sampai dengan akhir September 2023, Cinema XXI telah menghadirkan 1.250 layar di 232 lokasi bioskop yang tersebar di 56 kota di seluruh Indonesia. Di tahun 2006, Cinema XXI melahirkan m.tix untuk memfasilitasi pemesanan tiket bioskop melalui pesan teks yang kemudian dikembangkan menjadi aplikasi berbasis seluler. Di tahun 2012, Cinema XXI menghadirkan pengalaman menonton dengan teknologi revolusioner, yaitu teater IMAX. Untuk menyempurnakan pelayanan kepada penonton, telah hadir juga bioskop dengan sistem audio mutakhir "Dolby Atmos" yang kini ada di 66 layar Cinema XXI.
Bukan hanya tempat untuk menonton film, tetapi juga rumah kedua untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman. Cinema XXI menghadirkan pengalaman menonton yang tak terlupakan untuk hari ini dan esok. Selama tiga tahun berturut-turut pada 2017, 2018, 2019 Cinema XXI telah dianugerahi "World Branding Award" di Kensington, London sebagai Merek Terbaik dalam Kategori Bioskop Hiburan (skala Nasional). Di awal 2019, Cinema XXI juga telah dianugerahi "Millennials Top Brand Awards" oleh salah satu media pilihan generasi muda Indonesia sebagai pilihan pertama millenials untuk kategori jaringan cinema terkemuka di Indonesia. Tidak berhenti disana, terlepas dari kondisi pandemi yang dialami, di tahun 2020, Cinema XXI telah dinobatkan sebagai “Industry Champion of The Year” oleh Asia Corporate Excellence and Sustainability (ACES) Awards dan “Indonesia Best Managed Company” oleh Deloitte di tahun 2023.